2 Tahun ICITY, Sebuah Perayaan Untuk Didengar Dan Mendengar

29 Sep 2014

Masih tersimpan dalam ingatan kenangan saat pertama kali memiliki telepon genggam hasil jerih payah sendiri. Yakni telepon genggam yang mendapat julukan sejuta umat yang harganya cukup mahal untuk seukuran mahasiswa. Komunikasi telah menjadikan kebutuhan primer terutama dalam mendukung pekerjaan saya sebagai freelance ala mahasiswa. Setelah telepon genggam, tentunya SIM Card menjadi pilihan berikutnya yang harus dibeli. Pertimbangan ekonomis berperan penting karena menyesuaikan isi kantong baik dalam harga maupun layanan yang diberikan.Saat itu Indosat telah memiliki banyak pilihan operator mulai Mentari, IM3 hingga starone dengan berani memberikan bonus telepon gratis maupun SMS sesama Indosat. Sehingga tanpa berpikir panjang saya pun menjatuhkan pilihan menjadi salah satu pengguna kartu mentari. Pertimbangan lainnya adalah banyaknya nomer telepon yang menggunakan layanan Indosat yang dimiliki teman teman, sehingga nilai ekonomis yang didapatkan cukup untuk membuat penghematan bisa berjalan dengan baik. Kini setelah lewat dari sepuluh tahun lebih saya melihat Indosat tumbuh berkembang, terutama IM3 yang mampu menjadi bagian dari gaya hidup anak muda jaman sekarang. Seakan mampu memahami kegalauan yang dialami muda mudi di pergantian jaman hingga kini seperti saya dulu.

Jumat, 26 September 2014 saya menghadiri acara yang digelar oleh perusahaan yang dalam waktu dekat akan berganti nama menjadi IndosatOoredoo. Tentunya dalam beberapa waktu ke depan akan berada di tengah kemeriahan anak muda yang penuh semangat dengan keceriaan yang menular. Usai registrasi di meja panitia nampak wajah-wajah penuh senyum yang telah menjadi bagian hidup Indosat atau mungkin juga sebaliknya. Ibarat hubungan yang tidak bisa dijelaskan dengan konsep penjual dan pembeli, produsen maupun konsumen. karena keduanya telah memberikan kepercayaan yang saling dipahami maupun memahami untuk mendukung dalam meningkatkan pelayanan hingga perbaikan mutu kedepannya. Yang hadir saat itu tergabung dalam Forum Indosat Community yang biasa disingkat dengan ICITY, forum berbasis solusi untuk pelanggan Indosat yang bertujuan untuk membuat Indosat menjadi pioneer perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Yang menarik adalah disamping Indosat tumbuh berkembang diantara wajah muda mudi itu nampak beberapa wajah yang layak untuk dipanggil bapak-bapak dan mereka juga tergabung dalam forum yang menjembatani pelanggan (komunitas) yang membantu pelanggan lainnya.

Ulang tahun forum ICITY yang dipusatkan di Surabaya bukanlah sebuah perayaan yang bertabur kemewahan dengan menghadirkan bintang tamu ternama dari ibukota hingga hidangan yang beraneka ragam, karena mungkin bukan itu yang dibutuhuhkan untuk melangkah ke usia selanjutnya. Justru saya melihat kebersamaan mereka yang mewakili member dari generasinya masing-masing dalam forum ICITY duduk bersama jajaran terkait dari Indosat dalam satu ruangan untuk merayakan usianya yang masih belia. Keduanya ingin mendengar dan didengar sebagai proses untuk kemajuan bersama, sehingga kedepannya lebih baik dan mampu bersaing dengan forum yang ada saat ini. Indosat pun berusaha merangkulmember-member forum yang telah dikunjungi 6 juta netizen untuk melangkah bersama, bukan di depan ataupun di belakang mereka. Menapak 2 tahun usianya, Forum ICITY yang memiliki 14.400 member aktif ini ternyata telah menorehkan banyak prestasi diantaranya Telecom Asia Award dalam kategori Most Advanced Approached to CEM dan Roy’s Morgan Award Customer Experience 2014. Cukup pantas bila Indosat secara perlahan akan mencuri perhatian netizen berbekal keseriusan mereka dan strategi yang tepat, bukanlah suatu hal yang mustahil bila forum ICITY bisa sejajar dengan forum yang terlebih dahulu hadir di Indonesia.

5 SuperUser

Kemampuan mengakomodasi kebutuhan para netizen yang tidak didapatkan di forum yang sudah ada, kemudian forum ini dibangun oleh salah satu perusahaan telekomunikasi yang telah bertahun tahun bergerak bersama komunitas pelanggan. Tentunya sinergi yang menguntungkan bagi member forum ICITY, banyak hal yang ditawarkan diantaranya kebebasan untuk mengutarakan ide atau saran seputar layananindosat, hingga menjadikan forum ini sebagai tempat hangout seru dan berinteraksi dengan pelanggan indosat lainnya via online. Dengan keuntungan semacam itu komunitas yang bisa dilihat di icity.indosat.com telah memberikan peran yang lebih besar, suara mereka akan ikut menentukan arah perusahaan kedepannya. Dan Indosat mampu menangkap hal tersebut dengan baik dan menggagasnya di acara perayaan 2 tahun ICITY bukan melalui poling internet maupun blast email. Sebuah pertemuan secara langsung tatap muka antara pihak terkait dari Indosat dan member ICITY, bukankah ini merupakan hak istimewa dimiliki oleh member ICITY. Disamping itu juga diumumkan 5 orang SuperUser baru dalam membantu mengelola konten forum ICITY untuk mendukung perkembangan forum kedepannya.

Puzzle

Acara bergulir selama kurang lebih 2 jam, lazim yang ditemukan di setiap perayaan mulai dari pembagian doorprize, hiburan hingga presentasi yang kemudian diakhiri dengan prosesi ramah tamah. Namun ada yang menarik perhatian saya sore itu, yakni memasuki sesi seremonial perayaan dengan cara membagi cupcake dan puzzle kepada yang hadir, kemudian yang sudah menerima potongan puzzle dipersilahkan untuk ditempelkan pada dinding panggung yang tersedia. Setiap orang akan mendapatkan satu potongan puzzle dan potongan-potongan harus ditempel secara tepat posisinya hingga membentuk sebuah gambar. Satu potongan takkan memberikan arti, bilamana puzlze tersebut digabungkan kemudian diletakkan secara tepat tentunya akan menjadi gambar yang memiliki arti sehingga bisa dinikmati banyak orang. Saya pun mengambil perumpamaan begitu juga seorang member tentu tidak terlalu merasakan manfaatnya dalam berkomunitas bila tidak berinteraksi dan saling membantu berjejaring dengan member lainnya seperti yang dicontohkan potongan puzle di acara tersebut. Jadi berkomunitaslah dan berbahagialah karena telah berbagi.

Selamat Ulang Tahun Forum Indosat Community (ICITY) yang ke 2. Semoga Potongan Puzle yang ditempel di dinding itu semakin banyak di tahun mendatang hingga gambar itu akan lebih besar dari yang sebelumnya.


TAGS indosat komunitas forum ICITY #ICITY2ndAnniversary


-

Author

Follow Me