Peduli Cuek

15 Mar 2013

Ilustrasi

Tindakan atau sikap peduli itu selalu ada dalam setiap manusia yang dilahirkan, mungkin bisa dibilang itu adalah sifat manusiawi dari seseorang atau bawaan orok. Begitu juga manusia yang lahir di dunia tentunya tidak ada yang benar benar sama persis dan mungkin itu juga bisa menjadi sebuah gambaran perbedaan dari kadar kepedulian yang dimiliki setiap orang.

Seperti halnya cuek maupun fanatisme yang sedikit menggambarkan sebuah tolok ukur kepedulian. Batasan terendahnya seperti cuek sedangkan fanatisme tidak bisa dibilang sangat peduli. Dimana kedua hal tersebut masih terlalu mudah untuk kita temukan dalam kehidupan sehari hari. Namun diantara keduanya tadi ada juga mereka yang masuk “yang sedang sedang saja”.

Pertanyaan selanjutnya yang terbesit adalah peduli dalam hal apa ? karena pastinya ketika kata peduli itu masih akan berlanjut seperti peduli kepada sesama makhluk tuhan, peduli terhadap bumi, peduli terhadap diri sendiri dan peduli pada hal lainnya yang kalaupun ada untuk didefinisikan disini. Semua pasti berkeinginan bisa dikatakan peduli dalam berbagai hal, namun justru yang terjadi adalah saat kepedulian tadi bisa dibilang cuek dalam satu hal dan mungkin fanatisme dalam hal lain. Yang pasti kedua batasan tersebut jangan sampai hal tersebut justru akan merugikan diri sendiri apalagi orang lain.

Jangan sampai pada saatnya nanti akan ada semacam seminar dengan tema “Seberapakan peduli anda ?”. Hingga akhirnya nanti ditemukan sebuah kalimat “manajemen kepedulian” yang mengandung arti secara harafiah sifat peduli dalam hal apapun obyeknya.

Jadi pergunakanlah kepedulian anda dengan baik dan syukur bila itu bisa menular kepada orang lain atau memberikan inspirasi. Termasuk saya yang akhirnya peduli terhadap blog saya yang sudah lama tidak update. Semoga bukan cuek tapi masih peduli.

(image : http://cis.stanford.edu)


TAGS


-

Author

Follow Me