Bersabarlah Surabayaku

31 Jan 2011

logo_surabaya1-1

Januari mengawali bulan di tahun 2011 dan tentunya banyak harapan yang ingin diwujudkan tahun ini. Entah itu melanjutkan harapan kita pada tahun tahun sebelumnya ataupun harapan baru. Yang pasti semakin bertambah usia kita akan lebih realistis tentang harapan tersebut, begitu juga saya yang juga masih manusia normal memiliki harapan, harapan akan kehidupan yang lebih baik di tahun 2011 ini.

Surabaya pun juga memiliki segudang harapan untuk menjadi kota idaman dari seluruh warganya, dan keinginan dari warganya jugalah untuk mewujudkannnya tentunya dengan caranya masing-masing. Selama ini kita melihat Surabaya yang aman dan damai meski citra arek suroboyo yang terkenal keras namun mereka mampu menjaga stabiitas di kotanya sendiri, salut saya untuk Arek Suroboyo.

Surabaya kini semakin berkembang tentunya permasalahnya juga akan bertambah seiring kompleksitas permasalahan yang terjadi, seperti polemik tentang pembangunan Tol Tengah Kota yang sampai kini belum terselesaikan yang sampai rekomendasi pemberhentian Walikota Surabaya oleh DPRD tentang masalah Pajak Reklame.

Di Social media seperti twitter pun juga tidak kalah panas terjadi aksi dukungan terhadap walikota Surabaya yang diwujudkan dengan hashtag #dukungrisma yang twitnya kebanyakan membicarakan kontribusi seorang Bu Risma yang nyata antara lain dengan menyulap wajah Surabaya yang kini penuh dengan taman kota dan pedestrian yang asri dan manfaatnya sangat dirasakan oleh warga Surabaya. Bagaimana dengan dengan kontribusi DPRD kota Surabaya yang tidak terlalu nyata dan tidak dirasakan masyarakat secara nyata dimana secara garis besar mereka adalah legislator yang tugasnya kurang lebih membuat UU dan ketok palu. Ini tentunya akan ditanggapi berbeda oleh warganya yang akhirnya menimbulkan skeptis.

Memang saat ini yang dibutuhkan warga Surabaya adalah tindakan nyata bukan omdo dari pihak pemerintahan kota, namun yang perlu diperhatikan juga adalah jangan terjebak akan pembentukan sebuah opini yang terjadi tentang kompleksitas problematika Surabaya saat ini dimana salah satu pihak akan merasa dirinya benar dan nantinya warga Surabaya akan menjadi korbannya, kita pun tentunya sangat berharap hal tersebut tidak terjadi bukan.

Ini adalah kota kita dimana kita juga layak untuk membangun Surabaya yang lebih baik dengan cara kita masing masing. Saya memiliki keyakinan besar akan warga Surabaya saat ini untuk bisa menanggapi secara dewasa dan bijak wacana yang terjadi saat tentang polemik antara Walikota dan Dewan dengan tidak asal dukung sana dan dukung sini tanpa tahu permasalahan yang terjadi sesungguhnya.

Mari kita mengedepankan diskusi untuk mencari solusi daripada mengedepankan otot alias kekerasan karena ini adalah kota kita mencari sesuap nasi, dilahirkan ataupun sampai ajal menjemput. Saya yakin kita semua tidak ingin Surabaya menjadi kota yang tidak nyaman dan aman bagi kita, mari kita jaga kota kita bersama. Jangan kotori kotaku dan bersabarlah Surabayaku


TAGS


-

Author

Follow Me