Surabaya Critical Mass 10.10.10

15 Oct 2010

101010

Bagi sebagian orang akan memanfaatkan momentum 10.10.10 untuk melangsungkan pernikahan ataupun melahirkan bayi dengan cara caesar, dan bagi saya tentunya tidak memanfaatkan 10.10.10 untuk keduanya LOL.
Tapi setidaknya tetap ada yang saya lakukan untuk memanfaatkan momentum 10.10.10 atau lebih jelasnya Tanggal 10 Bulan 10 Tahun 2010 (bukan tahun 10). Berawal dari ajakan seorang kawan yang telah merelakan sisa hidupnya untuk bersepeda dia juga frontliner band kesukaan saya asal Surabaya Hi Mom, namanya BangKu atau biasa dipanggil bang kupre

Bang Kupre bersama teman mengadakan acara Surabaya Critical Mass dimana acara ini sebagai bagian dari Global Work Party yang diadakan di seluruh dunia yang diikuti 140 negara dan salah satunya adalah Indonesia. Acara ini digagas oleh www.350.org dengan tujuan mengedukasi masyarakat bahwa saat ini kadar CO2 global telah melewati batas aman, dimana kadar PPM (Parts per million) agar terhindar dari bencana perubahan iklim adalah 350 PPM sedangkan saat ini adalah 390 PPM. Banyak aksi yang dilakukan oleh masyarakat dunia untuk peran serta dalam Global Work Party antara lain ada instalasi panel tenaga surya di tempat-tempat terpencil, ada penanaman pohon secara bersama, bahkan di Jepang, pemain sumo mengubah alat transportasinya dengan sepeda untuk menuju tempat latihan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk berkontribusi di acara ini.

Karena bang kupre dan teman pun memilih untuk kampanye tentang sepeda, dengan berbagai alasan termasuk kecintaan akan bersepeda juga menjadi dasar melakukan kampanye melalui Surabaya Critical Mass. Saya pun bersemangat ketika bang kupre mengajak turut serta dalam acara ini setidaknya ada satu hal yang bisa saya lakukan untuk bumi saya ini meskipun tidak besar, seperti kata pepatah suatu hal besar pasti berawal dari suatu yang kecil. Amin

Berbekal sebuah sepeda lengkap dengan helm maupun safety lamp karena acara ini digelar di malam hari, dan saya pun berangkat menuju lokasi start di Balai Kota Surabaya yang sesuai jadwal dimulai pukul 18.00 WIB.
Dan di lokasi sudah banyak orang2 yang lengkap dengan sepeda dan aksesorisnya, ternyata banyak yang masih peduli dengan bumi atau hanya sekedar meramaikan 10.10.10. Beragam jenis sepeda mulai fixie, BMX, seli maupun MTB dari berbagai komunitas pun berkumpul untuk mengkampanyekan Surabaya Critical Mass.

Berikut rute konvoinya : Balai Kota Jembatan Delta Panglima Sudirman- Raya Darmo Taman Bungkul (titik berhenti 1) Kebun Binatang Surabaya Raya Darmo Basuki Rahmat Kombes M. Duryat (titik berhenti 2) Embong Malang Blauran Praban Tunjungan Taman Apsari (finish).

Titik berhenti digunakan untuk menyebarkan flyer mengenai efek Global Warming serta ajakan untuk mengurangi kadar CO2. Pukul 19.30 kamu pun mulai mengayuh sepeda beramai2 tidak lebih 300 orang ikut serta dalam acara ini sehingga betapa panjang konvoi ini. Safety lamp yang berkelip pun menambah semarak konvoi ini yang diantara banyak kendaraan bermotor atau mobil malam itu, dan momen ini pun banyak diabadikan oleh pengendara2 tersebut. Kegembiraan pun menyelimuti konvoi tersebut diiring canda tawa serta kebanggaan untuk turut andil dalam acara ini camour aduk menjadi satu.

Pemberhentian pertama di taman bungkul agak mengalami kendala dikarenakan panjangnya konvoi dan saat itu taman bungkul sangat ramai sekali sehingga khawatir akan menyebabkan macetnya arus lalu lintas, akhirnya pembagian flyer dilakukan di tempat pemberhentian kedua di depan KBS (Kebun Binatang Surabaya) serta beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan menuju garis Finis di Taman Apsari. Ketika di depan TP konvoi sempat menutup jalan sepenuhnya sehingga konvoi serasa di vidklip 30 Second to Mars yang King and Queen (lebay)

Pukul 22.00 konvoi pun mencapai finish di Taman Apsari, dan narsis ria pun dimulai bersama lilin yang ditata menyerupai angka 350. Saya pun berucap selamat kepada bang kupre setidaknya dari obrolan ngalor ngidul sing penting niat pasti jalan acaranya adapun halangan itu pasti ada jalan kalaupun mau berusaha hehehhe. Sampai ketemu di Earth Hour 2011 Bang kupre bantuin kita yaaah


TAGS


-

Author

Follow Me